Laporan Penelitian Tindakan Kelas Matematika
Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Lingkaran Bertanda Positif Dan Negatif Dan Metode Tcl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri Xxx
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pada ajaran baru tahun mulai menerapkan kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi/KBK) untuk kelas VII . Seleksi siswa baru pada sekolah ini dilakukan dengan sistem test untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Hasilnya 240 siswa diterima dengan hasil yang bervariasi.
Untuk mengetahui tingkat penguasaan materi siswa di sekolah dasar penulis melakukan pretest dengan jumlah soal 20 butir kepada seluruh siswa dengan materi operasi penjumlahan pada bilangan bulat yang notabene di sekolah dasar sudah dipelajari. Namun hasilnya sungguh mengejutkan, nilai rata-rata test 3,87; siswa yang mendapat nilai 6,0 sebanyak 7 orang dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebanyak 10 orang.
Masalah nyata ini menimbulkan tanda tanya besar bagi penulis, mengingat nilai rata-rata matematika berdasarkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Ujian Nasional Tahun 2005 pada SMP Negeri 2 xxx menunjukkan angka 6,77 ; sementara itu pada SMP Negeri 4 xxx menunjukkan angka 8,05 .
Berdasarkan latar belakang kesenjangan antara hasil pretest dengan nilai SKHU siswa penulis bersama rekan sejawat melakukan ujicoba pengembangan model pembelajaran Matematika Realistik (Realistik Mathemathic Education)
B.Identifikasi Masalah
Dalam pembelajaran matematika di kelas VII banyak materi yang harus disajikan oleh guru kepada siswa, diantaranya materi operasi hitung bilangan bulat yang semestinya sudah siswa kuasai di jenjang sekolah dasar (SD). Selama ini guru menggunakan metode “Terangkan–Catat–Latihan”. Metode ini mempunyai kelebihan, yaitu dalam waktu singkat anak memahami materi pelajaran namun tingkat retensi pemahaman siswa tidak optimal. Disamping itu, metode TCL mempunyai kelemahan, yaitu aspek psikis dan sosial anak tidak sepenuhnya terlibat. Untuk meningkatkan retensi pemahaman siswa perlu dilakukan pembelajaran yang melibatkan aspek kognitif, psikis dan sosial siswa secara optimal. Pembelajaran melalui metode pembelajaran matematika realistik dengan lingkaran bertanda positif dan negatif merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat melibatkan ketiga aspek tersebut. Pembelajaran dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan retensi pemahaman siswa.
Dalam rangka menguji tingkat keefektifan dan tingkat retensi pemahaman siswa antara menggunakan metode Terangkan–Catat–Latihan (TCL) dengan metode pembelajaran matematika realistik dengan lingkaran bertanda positif dan negatif dalam operasi penjumlahan dan penguranagn pada bilangan bulat di kelas VII perlu dilakukan penelitian.
C.Pembatasan Masalah
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebenarnya telah diberikan pada pendidikan tingkat sekolah dasar (SD). Namun masih diulangi pada kelas VII pada sekolah menengah pertama (SMP), dengan pengayaan pengenalan penjumlahan bilangan bulat negatif. Bila penanaman konsep ini gagal atau lemah, maka pada materi-materi ataupun kelas selanjutnya kemampuan siswa dalam kedua operasi tersebut pada bilangan bulat tidak akan maksimal. Dengan pertimbangan inilah maka penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMP.
D.Perumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang, identifikasi masalah dan pembatasan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut :
1.Apakah metode pembelajaran matematika realistik dengan media lingkaran bertanda positif dan negatif lebih efektif daripada metode Terangkan–Catat–Latihan (TCL)?.
2.Apakah metode pembelajaran matematika realistik dengan media lingkaran bertanda positif dan negatif dapat meningkatkan retensi pemahaman materi yang lebih tinggi daripada metode Terangkan–Catat–Latihan (TCL)?.
E.Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan :
1.Mengetahui keefektifan metode pembelajaran matematika realistik dengan media lingkaran bertanda positif dan negatif dan metode Terangkan– Catat–Latihan (TCL).
2.Mengetahui tingkat retensi pemahaman materi dari metode pembelajaran matematika realistik dengan media lingkaran bertanda positif dan negatif dan metode Terangkan–Catat–Latihan (TCL).
F.Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan :
1.Mengembangkan metode pembelajaran matematika di SMP yang efektif dan efisien.
2.Meningkatkan retensi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
......................................DST