Basuki Rakhmat Basuki Rakhmat Author
Title: Contoh RPP Bernuansa Karakter
Author: Basuki Rakhmat
Rating 5 of 5 Des:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 11.1 Sekolah : SLB ANANDA MANDIRI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam...

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.1

Sekolah
:
SLB ANANDA MANDIRI
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah
Indikator

·         Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah SWT
·         Membaca dalil naqli tentang rasul-rasul Allah SWT
·         Menjelasakan tugas para rasul
Alokasi Waktu
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
Siswa dapat mengimani Rasul Allah SWT, menjelasakan tugas-tugasnya, serta membaca dalil naqlinya.

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian iman kepada Rasul Allah SWT
  • Dalil naqli tentang rasul-rasul Allah SWT
  • Tugas para rasul

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Tutor sebaya
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami im,an kepada rasul.
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group).

Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan pengertian iman kepada rasul beserta menceritakan betapa mulia tugas para rasul serta beratnya ujian yang dihadapi oleh para rasul dalam menghadapi umatnya.
  • Siswa berlatih membaca dalil naqli mengenai para rasul dengan metode tutor sebaya.
  • Siswa menelaah lebih mendalam mengenai tugas para rasul serta membuat kesimpulan.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. 
  • Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?


Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
·        LKS MGMP PAI SMP  

Penilaian                     

Teknik
  • Tes tertulis

Bentuk Instrumen
  • Tes uraian

Instrumen
1.      Jelaskan pengertian iman kepada para rasul!
2.      Ceritakan kisah perjuangan salah seorang rasul rasul!
3.      Jelasakan tugas para rasul!
4.      Tulislah dalil naqli tentang rasul Allah!
5.      Tulislah kesan kamu terhadap perjuangan para rasul!


Bekasi , ..... Des 2010
Mengetahui                                                           Guru Kelas
Kepala Sekolah




_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP                


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.2


Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.2. Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
Indikator

·         Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT
·         Menyebutkan sifat-sifat rasul
·         Menjelasakan arti sifat-sifat rasul
·         Menjelaskan rasul ulul azmi
·         Menyebutkan nama-nama rasul ulul azmi
·         Menjelasakan sifat rasul ulul azmi
Alokasi Waktu
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran  
Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul Allah, memahami sifat-sifatnya, memahami rasul ulul azmi beserta 
sifat rasul ulul azmi.


Materi Pembelajaran   
  • Nama-nama rasul Allah SWT
  • Sifat-sifat rasul
  • Arti sifat-sifat rasul
  • Rasul ulul azmi
  • Nama-nama rasul ulul azmi
  • Sifat rasul ulul azmi

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi

Kegiatan Inti
  • Guru memberikan penjelasan mengenai nama-nama rasul Allah, sifat-sifatnya, rasul ulul azmi beserta 
  • sifat rasul ulul azmi.
  • Siswa menyimak, bertanya, serta menyimpulkannya.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?



Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
·        LKS MGMP PAI SMP  

Penilaian                     

Teknik
  • Tes tertulis

Bentuk Instrumen
  • Tes uraian

Instrumen

1.      Sebutkan nama-nama rasul Allah SWT !
2.      Jelaskan sifat-sifat rasul!
3.      Tulislah arti sifat-sifat rasul!
4.      Jelaskan yang dimaksud dengan Rasul ulul azmi!
5.      Sebutkan nama-nama rasul ulul azmi!
6.      Jelasakan sifat rasul ulul azmi!


Bekasi, .. Des  2010
Mengetahui                                                           Guru Kelas
Kepala Sekolah




_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP                


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) 11.3


Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/2
Standar Kompetensi
:
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
Kompetensi Dasar
:
11.3. Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW
Indikator

·         Menjelasakan cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah)
·         Menjelasakan cara meneladani sifat rasul ulul azmi
·         Membiasakan diri berperilaku seperti sifat para rasul
·         Menunjukkan kesabaran meneladani sifat sabarnya para rasul ulul azmi
Alokasi Waktu
:
1  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
Siswa dapat meneladani sifat-sifat para rasul dengan membiasakan diri berperilaku seperti sifat para.


Materi Pembelajaran   
  • Cara meneladani sifat-sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah)
  • Cara meneladani sifat rasul ulul azmi
  • Pembiasaan diri berperilaku seperti sifat para rasul
  • Kesabaran para rasul ulul azmi

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Diskusi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
  • Aprsepsi


Kegiatan Inti
  • Siswa berdiskusi mengenai aktualisasi cara meneladani sifat para rasul (siddiq, amanah, tabligh, fathonah.
  • Siswa melakukan kegiatan pembiasaan menladani sifat-sifat para rasul.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
·        LKS MGMP PAI SMP  

Penilaian                     

Teknik
  • Penilaian diri

Bentuk Instrumen
  • Lembar penilaian diri

Instrumen

Berilah tanda “cek” (  ΓΌ  ) yang sesuai dengan suara hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan yang tersedia !


No.

Pernyataan
Suara Hati
Sangat Yakin
Yakin
Tidak yakin
Skor 3
Skor 2
Skor 1
1
Para rasul merupkan manusia biasa, bukan dari golongan malaikat.



2
Di akhirat kelak manusia akan bertemu dengan para rasul



3
Selama hidupnya rasul tidak pernah berbohong



4
Selama hidupnya rasul tidak pernah beruat kejahatan/kejelekan, termasuk tidak pernah berkata-kata yang jelek (jorok)



5
Para rasul juga makan, minum, dan mempunyai keluarga






Bekasi,    Des 2010
Mengetahui                                                           Guru Kelas
Kepala Sekolah




_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP                


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................




Reaksi:

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top