Basuki Rakhmat Basuki Rakhmat Author
Title: Belajar Aktif; Apa Mengapa dan Bagaimana
Author: Basuki Rakhmat
Rating 5 of 5 Des:
Pendahuluan   “Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, me...

Pendahuluan
 
“Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”
(Permen Diknas Nomor 41, tahun 2007: Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah)
Sejalan dengan hal itu, Presiden Susilo Bambang Yudoyono dalam Temu Nasional di Jakarta, 29 Oktober 2009, mengatakan:
“Saya minta Menteri Pendidikan Nasional untuk mengubah metodologi belajar-mengajar yang ada selama ini. Sejak taman kanak-kanak hingga sekolah menengah jangan hanya gurunya yang aktif , tetapi harus mampu membuat siswanya juga aktif”
Akal sehat pasti tidak akan menyangkal pesan dari kedua pernyataan di atas mengingat pada dasarnya anak memiliki sifat rasa ingin tahu dan kemampuan berimajinasi. Kedua hal tersebut merupakan ‘bahan dasar’ bagi tumbuh kembangnya kreativitas yang dibutuhkan manusia dalam hidupnya agar bertahan; dan kedua hal tersebut hanya mungkin tumbuh subur dan berkembang dalam suasana pembelajaran seperti yang dipesankan oleh kedua pernyataan di atas.
Keinginan kita untuk melahirkan generasi yang kritis, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab hampir mustahil diwujudkan selama pembelajaran di sekolah lebih bersifat proses ‘pemberitahuan’ guru kepada siswa. Guru menceramahkan ilmunya, dan siswa mencatat, menghafal, dan mengatakannya kembali pada saat ulangan/uijian.
Sebaliknya, pembelajaran aktif lebih menciptakan suasana belajar yang mengembangkan berbagai potensi siswa antara lain rasa ingin tahu dan berimajinasi untuk selanjutnya berbuah kreativitas.


 

• Ingin tahu
• Berimajinasi
• Kritis
• Kreatif
• Mandiri
• Bertanggung jawab

Tujuan 
Setelah mengikuti sesi ini, peserta mampu:
1. memahami pengertian belajar aktif;
2. mengidentifikasi ciri-ciri atau komponen belajar aktif;
3. mengidentifikasi kegiatan belajar yang mengaktifkan siswa;


Pertanyaan KunciApa saja ciri atau komponen belajar aktif?
Apa saja contoh kegiatan belajar aktif sesuai komponen tersebut?



Petunjuk UmumKegiatan dilaksanakan secara pleno, namun peserta duduk berdasarkan kelompok mata pelajaran (untuk SLTP/SLTA).


Sumber dan BahanHandout Peserta 1.1: Dasar Hukum Belajar Aktif
Handout Peserta 1.2: Komponen Belajar Aktif
Video pembelajaran

WaktuWaktu yang digunakan untuk unit ini adalah 75 menit. IICCTT

Proyektor LCD
Laptop atau personal computer untuk presentasi
Layar proyektor LCD Fasilitator harus tetap
siap dengan persiapan alternatif apabila peralatan yang diharapkan tidak tersedia.



Reaksi:

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top