Basuki Rakhmat Basuki Rakhmat Author
Title: Terapi Anak Penghisap dan Menggigit Jari
Author: Basuki Rakhmat
Rating 5 of 5 Des:
Menghisap jari dan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang jelek karena kuman-kuman dapat masuk ketu...



Menghisap jari dan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang jelek karena kuman-kuman dapat masuk ketubuh. Disamping itu dapat merusak kerapian gigi dan rahang.
Mengapa anak-anakkecil suka melakukan kebiasaan ini ?
Ada yang berpendapat bahwa kebiasaan menghisap jari merupakan tanda perkembangan akal yang lamban, sedang menggigit jari pertanda terkurasnya energi atau lemahnya tubuh si anak karena kurang tidur. Apa sebab-sebab yang lain ?
1. Kurang Kasih Sayang
Para psikolog berpendapat bahwa kebiasaan anak kecil menghisap jari dan menggigit kuku disebabkan kurangnya cita kasih dan perhatian orang tua. Untuk menanggulanginya tentu saja orang tua harus memberikan cinta dan perhatian yang hangat kepada anak, sehingga tahap demi tahapkebiasaan yang tak sehat tersebut bisa dilenyapkan.
2. Idem Dengan Sebab-sebab Anak Bikin Kegaduhan
Gigit kuku dan menghisap jari, sebab-musababnya sama dengan anak yang suka membuat kegaduhan dirumah. Mereka tahu bahwa ulahnya itu membuat jengkel orang tuanya, tetapi sengaja mereka lakukan untuk mencari perhatian.
3. Cemburu dan Iri Hati
Terapi sebab-musabab perasaan cemburu dan iri hati sudah dibahas pada bab sebelumnya.
Para ahli kejiwaan menjelaskanlebih lanjut bahwa kebiasaan anak menghisap jari disebabkan masalah kejiwaan bisa juga karena pembawaan. Apapun sebabnya dan betapapun sulitnya, perilaku seperti itu harus segera dihentikan. Orang tua harus secara sungguh-sungguh melatih si anak untuk bisa meninggalkan sedikit demi sedikit kebiasaanya. Jangan terlalu memaksa, beri perhatian dan kelembutan sampai anak tidak suka memasukkan jari-jarinya ke mulut.
Reaksi:

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top