Basuki Rakhmat Basuki Rakhmat Author
Title: TERAPI ANAK SUKA MENCURI
Author: Basuki Rakhmat
Rating 5 of 5 Des:
  Kesukaan mencuri dapat disebabkan banyak faktor, antara lain : 1.     Keinginan Anak Yang Sangat K...


 Kesukaan mencuri dapat disebabkan banyak faktor, antara lain :
1.    Keinginan Anak Yang Sangat Kuat
Jika anak menginginkan sesuatu yang sangat kuat dan ia merasa sanagt membutuhkannya, maka orang tua harus bisa menjamin terpenuhinya tututan itu. Jangan terlalu pelit dan kikir terhadap anak, sebab akan mendorong pada sikap suka mencuri. Jika ini terjadi, tidak ayal krisis akhlak akan menghinggapi anak-anak.

2.    Terpengaruh Bacaan dan Televisi.
Kisah-kisah detektif dalam buku cerita anak-anak, juga film-film sejenis, membuat anak terobsesi menirukan hal serupa. Mereka membuat "Geng-geng", lalu menyerbu ke "Geng" lainnya. Sebaiknya anak-anak dialihkan kepada aktivitas yang positif, misalnya Kepramukaan, wisata-siswa atau club-club olah raga.

3.    Terbawa Lingkungan.
Jika ayahnya atau ibunya, kawan tetangganya berwatak pencuri, maka agar tidak terjebak dalam Millieu yang buruk ini, makaanak-anak harus segera dipindahkan ke lingkungan yang aman dan tertib. Jika tidak, maka akan terbawa arus lingkungan.

4.    Iri Dan Dendam.
Banyak anak-anak mencuri hanya untuk mengganggu kawan-kawannya. Memberi nasihat dan pengarahan mana yang baik dan mana yang buruk terhadap anak, penting sekali menangani masalah ini. Juga mengarahkan mereka untuk saling berkasih sayang dan tolong menolong dengan sesama.

5.    Tidak Tahu Batas Hak.
Kebanyakan penyebab pencurian di kalangan anak-anak karena naluri ingin memiliki, tanpa mengerti batas hak antara milik sendiri dan milik orang lain. Mereka mgambil apasaja yang dilihatnya.
Menjadi tanggung jawab orang tua dan para guru di sekolah untuk memberitahu tentang hak orang lain dan menghormatinya. Jika suatu saat mengambail milik temannya laki suruhlah untuk mengembalikan.

Di dalam rumahpun orang tua harus mengajarkan kepada anak-anak untuk menghotmati barang milik kakaknya dan adiknya. Jika ia membutuhkannya harus dengan meminjam atau atas ijin pemiliknya.

Mencuri itu banyak jenisnya. Mencuri mainan sifatnya lain dengan mencuri kue atau makanan. Betapapun sepelenya barang yang dicuri, kita harus cepat-cepat mencegah dan merubah akhlak tersebut agar tidak lebih berkembang.

Ayah/ibu yang memergoki anaknya mencuri sesuatu, sering menyesali anaknya, karena tidak menjaga nama baik keluarga. Tindakan semacam ini tidaklah tepat, bahkan akan berdampak buruk bagi anaknya. Tindakan paling tepat adalah merubah mellieu si anak dan memmindahkan ke sekolah atau lingkungan lain.


Reaksi:

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top