KETIBANDARU
 

brakhmatxx brakhmatxx Author
Title: Model Pengembangan Instrumen Bina Komunikasi PBI
Author: brakhmatxx
Rating 5 of 5 Des:
MODEL PENGEMBANGAN INSTRUMEN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA 1. Model Pengembangan Instrumen Bina Komunikasi              a. Tes k...
MODEL PENGEMBANGAN INSTRUMEN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA

1. Model Pengembangan Instrumen Bina Komunikasi
             a. Tes kinerja
1)    Menirukan ucapan peserta didik 
No
Menirukan Ucapan Pendidik
Penilaian
Keterangan
Baik
Cukup
Kurang
1
Ibu



Beri tanda centang (V) sesuai dengan hasil ucapan peserta didik
2
Bibi



3
Bapak



4
Adik



5
Kakak, dst.



 
No
Menirukan Ucapan Pendidik
Skor
Keterangan
3
2
1
1
Ibu



Skor 3 apabila peserta didik menirukan ucapan pendidik dengan baik
Skor 2 apabila peserta didik menirukan ucapan pendidik cukup
Skor 1 apablia peserta didik menirukan ucapan pendidik kurang
2
Bibi



3
Bapak



4
Adik



5
Kakak, dst.



Jumlah Skor



2)     Mengidentifikasi gambar/benda berdasarkan ucapan pendidik sesuai dengan gambar/benda

No
Gambar Benda yang Diidentifikasi berdasarkan Ucapan Pendidik
Penilaian
Keterangan
Baik
Cukup
Kurang
1
Kucing









Beri tanda centang (V) sesuai dengan hasil ucapan peserta didik
2
Rusa









3
Kupu-kupu










4
Telur





2. Model pengembangan instrumen untuk bina persepsi bunyi dan
    irama :
a.     Tes kinerja
No.
Aspek yang Dievaluasi
Penilaian
Baik
Cukup
Kurang
1
Membedakan ada dan tidak ada bunyi



2
Menghitung bunyi



3
Membedakan sumber bunyi



4
Membedakan bunyi panjang –pendek



5
Membedakan bunyi keras-lembut



6
Membedakan bunyi tinggi-rendah



7
Membedakan bunyi cepat-lambat



8
Mengetahui arah bunyi



9
Dst.




Contoh :
FORMAT LEMBAR PENGAMATAN SIKAP SISWA (AFEKTIF)

Mata Pelajaran                     : IPA/SAINS
Kelas/Semester                   : 1/1
Satuan Pendidikan              : SMPLB
Jenis Kelainan                     : TUNARUNGU
Tanggal                                  :
Penilaian                               : 1. Afektif

No

Nama
Siswa

Indikator Sikap

Nilai
RataRata Kualitatif/Huruf
Keter
buka
an
Kete
kunan
BelaJar
Kera
Jinan
Tanggung
JaWab
Kedi
sip
linan
Kerja
sama
Ramah
dengan
teman
Ke
jujur
an
Mene
pati
Janji
Kepe
dulian
Teng
gang
rasa
Hormat
pada
guru
1














2














3














4














5














6














7














8














9





































Keterangan :

Cara penilaian sebagai  berikut       :
Sangat baik diberi skor       : 5
Baik diberi skor                     : 4  
Cukup diberi skor                 : 3
Kurang   diberi skor             : 2
Sangat Kurang diberi skor : 1                                           

Skor maksimum/Siswa = Jumlah Indikator Sikap x Skor Maksimum = 12 x 5 = 60

Rentangan Nilai sebagai berikut :

Skor 49 s.d. 60 = A (Sangat Baik)
Skor 37 s.d. 48 = B (Baik)
Skor 25 s.d. 36 = C (Cukup)
Skor 13 s.d. 24 = D (Kurang)
Skor 1-          12 = E (Sangat Kurang)             

Contoh Format :

PENGAMATAN MINAT SISWA


Mata Pelajaran                    : IPA/SAINS
Nama Siswa                         : 
Satuan Pendidikan             : SMPLB
Jenis Kelainan                     : TUNARUNGU
Kelas                                      : I
Semester                              : I

NO
PERNYATAAN/INDIKATOR
5
4
3
2
1
Skor
1
Kehadiran di kelas





5
2
Bertanya di kelas






3
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas






4
Kerapihan buku catatan






5
Kelengkapan buku catatan






6
Membaca buku perpustakaan






7
Kelengkapan buku referensi






8
Partisipasi dalam kegiatan praktik






9
Kerapihan laporan praktik






10
Partisipasi dalam kelompok belajar






11
Etika dalam menyampaikan pendapat






Jumlah Skor







Keterangan :
5 = sangat baik/sangat sering
4 = baik/sering
3 = cukup
2 = kurang/jarang
1 = sangat kurang/sangat jarang

Kriteria Penilaian :
47-55 = Sangat Baik (A)
38-46 = Baik (B)
29-37 = Cukup (C)
22-26 = Kurang (D)
11-19 = Sangat Kurang (E)

Contoh Format :

PENILAIAN PORTOFOLIO

PENGUMPULAN DATA DALAM SATU BULAN UNTUK :

Mata Pelajaran                    : IPA/SAINS
Kompetensi                          :
Kelas/Semester                   : I/I
Satuan Pendidikan             : SMPLB

NO
SISWA
NILAI TUGAS/LATIHAN
NILAI ULANGAN
HARIAN*)
ULANGAN UMUM
RATA
RATA
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
1
MARTIN
9
9
9
9


8
10
9


9,00
Sangat Baik/ A
2
RIDWAN
7
8
6
7


7
7
7


7,00
Baik /B
3
GALA
5
6
6
6


7
6
6


6,00
Cukup/ C
4
DEVI
7
7
7
6


7
7
8


7,00
Baik/B
5

5
5
5
4


6
5
5


5,00
Kurang/D

Keterangan : *) Meliputi tes tertulis, pengamatan/perbuatan

Rentangan Nilai sebagai berikut :
Sangat Baik/A                      = 8,5 s.d. 10
Baik /B                                   = 7,0 s.d. 8,4
Cukup/C                                = 5,5 s.d. 6,9
Kurang/D                               = 4,0 s.d. 5,4
Sangat Kurang/E = 0,0 s.d. 3,9
Contoh :

SKALA SIKAP 

Mata Pelajaran                    :
Nama Siswa                        : 
Satuan Pendidikan             :
Jenis Kelainan                     :
Kelas                                     :
Semester                              :

Skala Sikap terhadap kebersihan :

NO
PERNYATAAN/INDIKATOR
SS
S
R
TS
STS
Skor
1
Ruangan kelas sebaiknya dirawat kebersihannya setiap hari






2
Kebersihan sekolah hanya menjadi tanggung jawab penjaga sekolah






3
Tanaman harus disiram setiap hari






4
Ketua kelas tidak perlu turut menjaga kebersihan karena sudah membagi jadwal piket






Jumlah Skor








About Author

Advertisement

Posting Komentar

Anda Melangkah dengan pasti, semoga sukses dan bahagia....

 
Top