KETIBANDARU
 

brakhmatxx brakhmatxx Author
Title: Pengenalan Komputer
Author: brakhmatxx
Rating 5 of 5 Des:
BAB I PENGENALAN KOMPUTER Apakah Komputer itu ?             Komputer adalah sarana alat hitung sesuai dengan artinya yaitu berasal dari b...



BAB I
PENGENALAN KOMPUTER
Apakah Komputer itu ?
            Komputer adalah sarana alat hitung sesuai dengan artinya yaitu berasal dari bahasa Latin “computare” (to compute atau to reckon) yang artinya menghitung, dengan kata lain komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat menerima masukan data (input data), mengolah data, menyimpan hasil pengolahan data dan menyajikan informasi. Namun dewasa ini perkembangan teknologi yang terjadi pada dunia komputer sudah mampu menempatkan sebagai alat bantu utama bagi manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Mencermati kecenderungan perkembangannya, sangatlah penting bahwa pengenalan dan pengetahuan teknologi komputer sejak usia dini menjadi salah satu prioritas untuk di pelajari oleh generasi usia pelajar tingkat dasar hingga menengah dalam rangka mengembangkan keterampilan hidup (life skill).
Dengan pengertian yang lain 


Komputer merupakan sekumpulan alat logic yang dapat menerima data, mengolah data dan menyimpan data dengan menggunakan program yang terdapat pada memory, dan kemudian sistem komputer memberikan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk output (pengeluaran). Dengan kata lain, komputer juga bisa diartikan sebagai sekumpulan peralatan elektronika yang terdiri dari input unit, proses unit, dan output unit.
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware




Hardware yang disebut juga sebagai perangkat keras komputer, terbagi menjadi 5 bagian utama, yaitu:
1.      CPU (Central Processing Unit)
§  CPU bertugas mengatur dan menghitung data.
§  CPU terletak di dalam system unit.
§  CPU merupakan “jantung” dari komputer.
§  CPU bersama dengan perangkat komputer lainnya yang ada dalam system unit mengatur kerja komputer secara bersama dan berkesinambungan.
2.      Monitor
Monitor merupakan perangkat keras yang fungsinya menampilkan informasi dan status data secara visual seperti pada televisi. Meskipun bukan pesawat televisi, monitor memiliki resolusi (ketajaman) gambar yang tinggi, sehingga memungkinkan pemakai (user) untuk membaca huruf-huruf yang berukuran kecil pada layar monitor. Monitor komputer juga mempunyai tiga jenis saat ini, yaitu CRT (Catode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display) dan Plasma.
3.      Peralatan Masukan (Input Devices)
Namun dalam hal ini, peralatan masukan sangat banyak diantaranya, yaitu :
  • Keyboard, Keyboard adalah alat input utama yang digunakan oleh semua komputer. Keyboard mempunyai semua huruf alphabet (A – Z, a - z), angka 0 – 9 dan tambahan kunci (key) operasional khusus, seperti tombol Enter, Ctrl, Alt dll. Colokan (Port) yang digunakan oleh keyboard adalah PS/2, USB dan infra red (infra merah).
  • Mouse, Mouse adalah alat input yang digunakan oleh user untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor dengan mengklik tombol kiri atau kanan. Gerakkanlah mouse pada permukaan yang rata, maka kursor pada layar monitor akan bergerak mengikuti gerakan mouse. Secara umum mouse terhubung ke komputer melalui port PS/2, USB dan ada juga yang sudah menggunakan port infrared atau infra merah.
  • Scanner, untuk memindah gambar atau teks ke dalam komputer (dalam bentuk digital) sehingga dapat dipakai sesuai keperluan.
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
4.      Peralatan Penyimpanan (Storage Devices)
  • Ploppy Disk Drive, alat pemutar disket untuk penyimpanan dan pembacaan data (berupa gambar atau teks) dari suatu disket.
  • CD-RW / DVD-RW Drive media penyimpanan yang hanya bisa dibaca, dan yang mempunyai kapasitas (tempat) besar berbentuk cakram.
  • Ploppy Disk, biasa dikenal dengan sebutan “disket”, yaitu alat untuk menyimpan data dari komputer yang berukuran kecil (kurang dari 1.44 Mb).
  • CD Blank / DVD Blank, tempat menyimpan data yang berbentuk CD dengan kapasitas (tempat) penyimpanan yang lumayan besar.
  • Hard Disk, tempat menyimpan data di dalam komputer dengan kapasitas (tempat) memori yang besar dan berkecepatan tinggi.
5.      Peralatan Keluaran (Output Devices)
  • Printer, alat untuk mencetak sebuah karya baik berupa teks maupun gambar. Printer ada 3 macam yaitu :
ü  Printer Dot Matrix, printer dengan tusukan pin ke pita.
ü  Printer Ink-Jet, printer dengan butir-butir kecil tinta.
ü  Printer Laser, printer dengan laser serta bubuk tinta (toner), kualitas pencetakan yang baik, berkecepatan tinggi, dan harganya pun relatif mahal.
  • Speaker, untuk mengeluarkan suara (audio), biasanya sepasang ada 2 (dua) buah speaker (left and right).

Namun ada juga yang mengatakan bahwa perangkat keras komputer dapat di simpulkan menjadi 3 bagian utama, yaitu:
1.      Input Unit.
2.      Processing Unit atau CPU.
3.      Output Unit.

§  Input Unit.
Merupakan bagian dari hardware komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data ke dalam komputer. Input device ini sangat sering kita temui, antara lain keyboard, mouse, Scanner, dan lain sebagainya.

§  Processing Unit atau CPU.
Merupakan jantung dari komputer yang melakukan pekerjaan utama seperti perhitungan logika, kontrol, serta penyimpanan. Perangkat utamanya berupa Processor dan Chip yang terdapat pada Motherboard.

§  Output Unit.
Adalah hardware yang mempunyai fungsi untuk menyajikan hasil output dari proses pada komputer. Bentuk dari peralatan output ini antara lain speaker, printer, projector,  dll.

Hubungan antara Hardware, Software dan Brainware
Mengapa kamu dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan sesuatu? Karena ada komputer yang dapat digunakan untuk menggambar atau mengetik.
Pada materi sebelumnya kita sudah mengetahui apa yang sebenarnya komputer itu?, hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoprasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan.
Software adalah sebuah perangkat lunak yang terdiri atas kumpulan program-program mengolah data yang bermacam-macam jenisnya diantaranya adalah berbentuk teks, gambar dan lain-lain. Dengan adanya hardware dan software, komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna. Setelah kamu mengetahui bahwa komputer sudah dapat digunakan, siapakah yang menggunakan komputer ? Orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer disebut brainware.
Beberapa orang yang ahli dapat mengembangkan kemampuan komputer biasa menjadi alat pengontrol peralatan mesin perindustrian atau peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektonika buatannya, komputer dapat dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri. Bahkan dapat digunakan untuk membuat robot kecil yang berguna dalam misi ruang angkasa.
Dengan demikian, ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Booting
Booting adalah proses mengaktifkan sistem komputer sampai komputer siap untuk digunakan user untuk menjalankan perintah. Ada dua jenis booting, yaitu cold booting dan warm booting.
  1. Cold Booting
Adalah proses mengaktifkan sistem komputer untuk pertama kalinya dari keadaan listrik mati, dengan cara menekan tombol Power yang ada pada CPU.
  1. Warm Booting
Adalah mengaktifkan sistem komputer dalam keadaan masih hidup (on) dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, atau dengan menekan tombol Reset yang ada pada CPU.


LATIHAN  1

I.       Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban yang paling benar pada lembar jawaban..!!
1.      Kata “Komputer” dalam bahasa Latin adalah ....
      a. Compiuter             b. Computer                c. Computare            d. Camputer
2.      Kata “Komputer” dalam bahasa Inggris adalah ....
a. Compiuter             b. Computer                c. Computare            d. Camputer
3.      Pada awal mula komputer dibentuk oleh seoarang profesor matematika Inggris, Charles Babbage, yaitu pada tahun …..
       a. 1791-1871              b. 1795-1875                 c. 1800-1880               d. 1891-1971
4.      Suatu Perangkat Komputer terdiri dari ....
a. 4 bagian utama     b. 5 bagian utama       c. 6 bagian utama     d. 7 bagian utama
5.      Apa yang dimaksud dengan Hardware ....
a. Perangkat Keras   b. Perangkat Lunak   c. Brainware              d. Software
6.      Apa yang dimaksud dengan Software ....
a. Perangkat Keras   b. Perangkat Lunak   c. Brainware              d. Hardware
7.      Orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer disebut ....
a. Pasien                    b. Software                  c. Brainware              d. Hardware
8.      Kepanjangan dari CPU adalah ....
a. Computer Pentium Unit                           c. Central Pentium Unit
b. Computer Prossesing Unit                       d. Central Prossesing Unit
9.      Printer termasuk bagian dari ....
a. Peralatan keluaran                                     c. Peralatan penyimpanan
b. Peralatan masukkan                                  d. Peralatan rumah tangga
10.  Proses mengaktifkan sistem komputer untuk pertama kalinya dari keadaan listrik mati, dengan cara menekan tombol Power yang ada pada CPU. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari …..
      a. Booting                  b. Cold Booting          c. Warm Booting      d. Reset
II.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan teliti dan benar pada lembar jawaban yang telah disediakan..!!
11.  Floppy Disk biasa dikenal dengan sebutan …..
12.  Ada berapakah macam-macam printer …..
13.  Arti dari Storage Devices adalah …..
14.  Keyboard dan Mouse merupakan kategori peralatan …..
15.  Menurut anda kenapa hardware, software dan brainware mempunyai hubungan yang erat ? Jelaskan !

About Author

Advertisement

Posting Komentar

Anda Melangkah dengan pasti, semoga sukses dan bahagia....

 
Top